Bimbingan desain pembelajaran berbasis online terhadap guru MI se-kecamatan Belik, Pulosari dan Moga.

Mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19 di kabupaten Pemalang, secara resmi sekolah dibawah lingkungan dinas dan kemenag kabupaten Pemalang dilaksanakan secara daring/online mulai senin, 16 maret 2020 hingga 22 Maret 2020. Sehingga, guru diwajibkan menyiapkan materi pembelajaran secara online untuk dapat di sampaikan kepada siswa-siswinya.

Dalam rangka menyiapkan guru agar terampil membuat materi secara online Hj. Tusiyati, S.Pd.I.,M.Pd.I mengajak perwakilan guru dari MI se-kecamatan Moga, Pulosari dan Belik melaksanakan diskusi dan pelatihan pembuatan materi ajar secara Online di MI Dewi Masyitoh 2 Banyumudal, Selasa-17 Maret 2020.

Pelatihan online atau e-Learning adalah salah satu sistim pembelajaran interaktif yang menggunakan media internet sebagai sarana komunikasinya. Penyelenggara pelatihan online dapat memberikan materi bisa berupa file, video, suara gambar maupun teks maupun bentuk dokumen lain, menyampaikan informasi kepada peserta pelatihan serta memberikan penugasan yang harus dikerjakan oleh peserta pelatihan.

Dengan konsep tersebut kedua pihak yakni penyelenggara dan peserta memperoleh kemudahan/ Antar peserta dapat berbagi dan berkolaborasi dalam penyelesaian tugas maupun belajar bersama, serta dapat mengakses informasi tekait materi pembelajaran dari penyelenggara. Semua hal tersebut dapat dilakukan tanpa harus memperhatikan ketersediaan tempat pelaksanaan pelatihan dan waktu yang tersedia,karena waktu untuk pelatihan online selalu dibuat fleksibel.

Kegiatan Bimbingan Menyiapkan Pembelajaran Berbasis Online “Wilbintus Liksarimo

Hj. Tusiyati, S.Pd.I,M.Pd.I selaku pengawas MI se-kecamatan Belik, Pulosari dan Moga (Wilbintus Liksarimo) mengungkapkan “Kegiatan diskusi seperti ini wajib dilaksanakan agar guru yang belum bisa menjadi bisa, dan yang sudah bisa dapat mengajari yang belum bisa. Sehingga selama siswa dirumah, guru dapat memberikan penugasan secara realtime dan terstruktur”.

(Agung)

2 Responses

Leave a Reply